TOP

Diabetes Melitus Menyebabkan Disfungsi Ereksi

Mengapa diabetes melitus menyebabkan disfungsi ereksi (impotensi & lemah syahwat)? Apa jenis diabetes yang jadi penyebabnya? Dapatkah impotensi karena diabetes dicegah?

Diabetes Melitus Menyebabkan Disfungsi Ereksi

Mengapa Diabetes Melitus Menyebabkan Disfungsi Ereksi?

Telah dimaklumi bersama, sesuatu yang tak terkontrol cenderung menghasilkan hal-hal negatif. Bila yang tak terkontrol adalah kadar gula yang mengalir bersama darah, diabetes-lah yang didapati.

Ketika seorang pria menderita diabetes melitus (DM), resiko terkena disfungsi ereksi pun perlahan beranjak naik seiring berjalannya sang waktu. Tingginya resiko itu terkait dengan “kemampuan merusak” bawaan diabetes.

Diabetes sanggup mengacaukan pembuluh darah (disfungsi endotel), fungsi otot, serta jaringan syaraf tubuh (neuropati diabetik). Efek kerusakannya pun bermacam-ragam (komplikasi), gangguan jantung, rusaknya ginjal, stroke dan infeksi luka yang tak kunjung sembuh.

Lantas, mengapa diabetes melitus menyebabkan disfungsi ereksi? Sebelum ke sana, harus dirunut dulu dari mekanisme ereksi.

Ereksi setidaknya perlu 4 syarat untuk bekerja maksimal, (1) rangsangan seksual, (2) sistem syaraf yang terkoneksi sempurna, (3) produksi hormon testosteron memadai, serta (4) bebas sumbatan pembuluh darah.

Rangsangan sudah diterima, testosteron pun telah berhasil memicu gairah. Sayangnya, karena kekacauan diabetes telah sampai ke sistem syaraf terkait vitalitas seksual, atau pembuluh darah seputaran organ vital, bertambah satu lagi komplikasinya, disfungsi ereksi (ED).

Bila perspektifnya dibalik, impotensi atau lemah syahwat yang baru muncul belakang, mungkin pertanda kehadiran penyakit kronis, termasuk diabetes.

Faktor yang Mempengaruhi Hadirnya Disfungsi Ereksi

Kekacauan akibat diabetes dipengaruhi oleh sederet faktor resiko. Cuma memang kelemahan manusia, apalagi orang muda, cenderung suka sesuatu yang beresiko. Pepatah berkata, bermain air akan basah nanti! Bila faktor resiko tak lekas dihindari, kepalang impoten tak usah disesali.

Faktor yang dicurigai mempengaruhi kerusakan organ seksual maupun komplikasi diabetes lainnya, yakni,

  • gula darah naik turun tak terkontrol,
  • obesitas atau kelebihan berat badan,
  • menu diet yang tak sesuai,
  • jarang beraktivitas fisik,
  • masih merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan,
  • tekanan darah terus tinggi (hipertensi) tanpa upaya menormalkan kembali, serta
  • efek samping obat-obatan erektogenik seperti obat disfungsi ereksi maupun obat kuat.
Menghindari faktor resiko, memperbesar peluang absennya disfungsi ereksi.

Selanjutnya, Jenis Diabetes Penyebab Disfungsi Ereksi

Komentar Anda

Surel Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * wajib diisi.