TOP

Diet Diabetes Melitus Tipe 2

Daftar bahan makanan dan minuman untuk program diet diabetes. Pilihan menu khusus penderita diabetes melitus tipe 2.

Diet Diabetes Melitus Tipe 2

Kadang seseorang terlambat menyadari, bahwa apa yang dikonsumsi selama inilah yang dicurigai jadi penyumbang kenaikan kadar gula dalam darahnya. Bila episode kenaikan tersebut terus berlanjut tak mau turun, bersiaplah menerima fakta hadirnya diabetes melitus.

Setelah dinyatakan positif diabetes, perubahan sekujur aspek gaya hidup, lebih-lebih terkait makanan serta minuman, jadi harga mati yang tak bisa ditawar lagi. Kita sering menyebut perubahan urusan kuliner ini dengan nama diet diabetes.

Begitu krusialnya diet diabetes membuat tindakan ini selalu menempati urutan pertama dalam upaya perawatan mandiri.

Konsumsi menu diet diabetes yang sesuai diimbangi dengan olah raga teratur, sedikit banyak bisa menurunkan berat badan penderita. Tak perlu ngotot mengejar bobot ringan, penurunan 5 – 10% dari berat semula sudah mumpuni menjaga gula darah pada level aman.

Terkontrolnya gula darah sangat membantu memperlama kemunculan, bahkan mencegah, komplikasi lanjutan akibat penyakit diabetes melitus tipe 2.

Menu diet diabetes
Menu diet diabetes
Berkonsultasi dengan ahli gizi (dietitian) adalah opsi terbaik. Mereka adalah profesional yang dapat membantu memilihkan menu diet berdasar kebutuhan per individu. Namun bila belum berkesempatan, mulailah mengubah menu harian dengan sodoran pilihan bahan makanan dan minuman di bawah nanti.

Untuk mengetahui efektivitas menu diet, biasakanlah mengukur kadar gula sekitar 2 jam sesudah bersantap. Targetnya adalah kurang dari 180 mg/dl (miligram per desiliter).

Bila hasil pengukuran melebihi target, lakukan modifikasi terhadap item makanan dan minuman, atau, sekali lagi, segeralah menemui seorang ahli gizi.

1. Sayuran

Porsi : ½ piring.

Agar level gula terjaga, Anda butuh asupan sayuran rendah kalori dan karbohidrat. Pilihlah satu atau beberapa jenis sayuran non-tepung berikut untuk memenuhi separuh piring Anda.

Jenis sayuran yang dapat dipilih antara lain, asparagus, brokoli, kubis, kol, kembang kol, wortel, seledri, mentimun, terung, kacang hijau, daun bawang, semua jenis selada, jamur, bawang, paprika, bayam, kubis, tomat, lobak, dan labu kuning.

2. Protein Hewani

Porsi : ¼ piring.

Seperempat bagian piring boleh digunakan untuk asupan protein. Kebutuhan protein bisa didapat dari daging yang tak digoreng.

Pilihan menu berdaging di antaranya, ayam panggang tanpa kulit, ikan panggang, dan ikan bakar. Semua jenis ikan yang dapat dimakan boleh digunakan dalam menu diet Anda.

3. Asupan Karbohidrat

Porsi : ¼ piring.

Asupan karbohidrat seperti nasi sebaiknya tak melebihi seperempat bagian piring. Bagi orang Indonesia yang terbiasa makan nasi memenuhi piring, membiasakan porsi ini mungkin butuh waktu.

Asupan karbohidrat pengganti nasi antara lain, pangsit, kentang, biskuit crakcer, roti tawar, sereal (pilih yang berserat tinggi), kacang tanah, kacang pinto, pasta dan tortilla

4. Minuman

Porsi : 1 gelas (± 200 cc)

Lengkapi menu diet diabetes melitus tipe 2 dengan minum segelas susu rendah lemak atau jus buah-buahan. Semua buah pada dasarnya banyak mengandung antioksidan dan serat. Serat memberikan sensasi kenyang, dan antioksidan membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Buah yang dapat langsung dimakan atau dijadikan jus adalah, pisang, apel, anggur, jeruk, melon, pepaya, mangga, pir, persik dan buah berry.
Perhatian! penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi alpukat, semangka, nanas dan zaitun!

Terakhir, hindari menambahkan gula ataupun sweteener (bahan pemanis) pada susu atau jus yang disajikan karena dikhawatirkan kontraproduktif bagi seluruh langkah diet Anda.

Makanlah untuk hidup, bukan hidup untuk makan, nasihat sesepuh yang sering terabaikan. Mungkin kini waktu yang tepat tuk mulai menaatinya.

Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan.

*