TOP

Obat Disfungsi Ereksi Alami: Bahan Herba Terbaik

Manakah bahan herba terbaik untuk obat disfungsi ereksi alami? Bagaimana efektivitas dan keamanannya? Apa bahaya efek samping obat herba penunjang ereksi?

Obat Disfungsi Ereksi Alami: Bahan Herba Terbaik

Sebagaimana pengobatan medis lainnya, klasifikasi perawatan disfungsi ereksi (DE) terbagi atas obat sintetis (buatan) dan herba (alami). Keduanya menyimpan plus minus tersendiri sebagai pertimbangan pasien sebelum memilih salah satunya.

Obat sintetis biasanya bereaksi lebih cepat sehingga sesuai bagi Anda yang tengah tergesa. Sedang obat disfungsi ereksi alami dari bahan herba cenderung lambat bekerja, namun umumnya ia minim bahaya atau resiko efek samping pemakaian.

Dari lebatnya belantara informasi pengobatan DE, hanya 2 obat disfungsi ereksi alami terbaik yang menurut kami pantas dipaparkan. Pemilihan keduanya mengacu pada bukti uji klinik hasil kajian para pakar dibidangnya.

Obat Herba untuk Disfungsi Ereksi

Saintis modern nampaknya masih setengah hati meneliti bahan herba untuk dijadikan obat disfungsi ereksi alami, buktinya, bahan herba yang telah diuji pada manusia sejauh ini hanya Panax ginseng, Butea superba dan yohimbine.

Hasilnya, Panax ginseng dan Butea superba merupakan bahan herba terbaik, dengan efektivitas sangat menjanjikan sebagai obat disfungsi ereksi alami. Meski di balik hasil positif itu, peneliti mencatat perlunya uji toksisitas lanjutan untuk memastikan keamanannya.[1]

1. Panax ginseng (Korean Red Ginseng)

Demikian saktinya Panax ginseng, orang pun menyebutnya “Viagra Herbal”. Penyematan tersebut tampaknya cukup pantas, apalagi efektivitas red ginseng didukung melimpahnya studi saintis dengan kesimpulan nyaris seia sekata.

Sejumlah saintis melakukan review sistematis atas 28 uji klinik acak (Random Clinical Trial), yang menguji khasiat red ginseng terhadap hewan maupun manusia. Mereka merilis hasilnya dalam British Journal Clinical Pharmacology (2008).[2]

Data kolektif dari uji klinik acak memberikan bukti sugestif bahwa red ginseng cukup efektif dalam perawatan dan pengobatan disfungsi ereksi

Catatan menarik dari review ini adalah, apapun penyebab disfungsi ereksi seorang pria, herba Panax ginseng nampaknya tetap manjur baginya.

Dosis yang disarankan bila Panax ginseng digunakan sebagai obat disfungsi ereksi alami adalah 900 mg per pemakaian oral, diminum 3 kali sehari (3 x 900 mg) .[3]
Secara statistik, Panax ginseng yang digunakan secara oral terhitung cukup AMAN. Resiko efek samping baru terlihat jika ia rutin dikonsumsi lebih dari 6 bulan, dan saintis menduga ini semacam efek hormonal.

Efek samping paling sering terjadi berupa susah tidur (insomnia). Sedangkan yang jarang adalah naik atau turunnya tekanan darah (hipotensi dan hipertensi), sakit kepala, hilangnya nafsu makan, diare, gatal-gatal, pusing dan perubahan mood.[3]

2. Butea superba

Masyarakat tradisional Thailand meyakininya sebagai obat perangsang, sayangnya hingga kini tak satupun bukti ilmiah pembenar keyakinan itu. Alih-alih, saintis modern justru fokus menelitinya sebagai obat disfungsi ereksi alami.

Dua orang ilmuwan telah melakukan uji klinik menggunakan Butea superba pada sejumlah pria Thailand penderita DE (usia 30 – 69 tahun). Uji klinik itu berlangsung selama 3 bulan untuk melihat bagaimana reaksi bahan herba ini terhadap fungsi ereksi subyek.

Hasil uji yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Andrology (2003) menyebutkan,[4]

82,4% dari pasien menunjukkan perbaikan fungsi ereksi nyata. Hematologi dan analisis kimia darah tidak memperlihatkan adanya perubahan negatif.

Sayangnya, hingga kini belum ada pengujian lain bertajuk serupa. Imbasnya, kita tak memiliki cukup data untuk menguatkan kesimpulan di atas.

Memang pernah ada peneliti yang membandingkan efektivitas produk berbahan Butea superba dengan sildenafil, namun ternyata produk itu telah tercampur dengan PDE5 inhibitor, sehingga hasilnya tidak kredibel.[5]

Berdasarkan data penelitian di Thailand, dosis yang mereka gunakan adalah 2 kapsul per hari, dengan kadar bahan 1000 mg per kapsulnya (2 x 1000 mg).
Minimnya penelitian membuatnya ilmu pengetahuan modern benar-benar buta akan bahaya maupun resiko efek samping pemakaian Butea superba.

Laporan sejumlah pengguna pun tak menyampaikan keluhan apapun selain pujian atas efektivitasnya dalam menangani disfungsi ereksi serta keluhan medis lainnya.[6]

Terlepas dari kurangnya analisis ilmiah, Butea superba adalah pilihan obat disfungsi ereksi alami yang efektif dan aman, selama digunakan sesuai dosis.

Obat disfungsi ereksi alami memang tak memberikan hasil seketika dan mungkin tak efektif bagi semua pria, tetapi mereka layak dicoba karena cukup aman!

Di luar sana mungkin masih ada herba lain yang lebih baik dari kedua bahan ini. Bila nanti data-datanya mencukupi, khususnya mengenai uji klinik pada manusia, kami akan menambahkannya di sini.

5 komentar untuk “Obat Disfungsi Ereksi Alami: Bahan Herba Terbaik

  1. Selamat pagi pak/bu, sy ingin menanyakan apa maksudnya konsumsi panax ginseng secara “oral” ? Terima kasih atas jawabannya

    1. Oral artinya menggunakan mulut, jadi obat oral ya obat yang diminum.
      Biasanya panax ginseng dijual dalam bentuk bubuk, jadi tinggal diseduh lalu diminum.

        1. Biasanya bahan herba seperti ini bisa dibeli secara online, atau kalau di kota bapak/ibu ada toko obat Cina mungkin dapat dicek langsung ke sana.

Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan.

*