TOP

Obat Kuat Alami: Uji Bahan Obat Kuat Tradisional Indonesia

Menguji keyakinan awam atas khasiat bahan alami obat kuat tradisional Indonesia. Apakah tradisi itu ditopang fakta ilmiah atau cuma mitos belaka?

Obat Kuat Alami: Uji Bahan Obat Kuat Tradisional Indonesia

Edisi tulisan obat kuat alami khas Indonesia telah mengupas beberapa resep obat kuat tradisional dari tanaman obat lokal (juga impor), yang diyakini secara hakiki berkhasiat memicu gairah seksual dan/atau menambah stamina fisik lelaki.

Keyakinan terhadap khasiat ramuan tradisional tersebut umumnya berasaskan bukti empiris (pengalaman) yang dirasakan sendiri oleh penggunanya, atau disaksikan oleh mereka yang kebetulan berinteraksi langsung dengan pemakainya.

Lagi pula, suatu resep obat kuat tradisional hanya dapat bertahan melalui waktu dan jadi warisan budaya pengobatan bila konsisten memberikan hasil sesuai harapan.

Di lain pihak, berlimpahnya data empiris merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi saintis modern untuk mencermati dan membuktikan apakah keyakinan itu sejalan dengan fakta ilmiah atau sekadar mitos belaka.

Pengujian Bahan Obat Kuat Tradisional Indonesia

Di antara langkah relevan untuk menguji efektivitas obat kuat tradisional adalah dengan menilik apa kandungan bahannya, menelurusi jejak kajian saintis atas bahan itu, demi memastikan ada tidaknya fakta ilmiah penopangnya.

Langkah perlu dilakukan agar pengguna serta calon pengguna lebih arif memilah produk dan terhindari dari kebenaran ilusif yang kian santer disuarakan oleh penjual obat kuat belakangan ini.

Ada banyak bahan bahan alami yang acap kali dicampurkan dalam ramuan obat. Di antara 5 yang terpopular adalah, cabe jawa, kapulaga, lada hitam, jahe dan pasak bumi.

Cara meramu bahan dapat dibaca dalam resep obat kuat alami khas Indonesia.

cabe-jawaNama lain bagi tanaman cabe Jawa cukup banyak, seperti Long Pepper, Indonesian Long Pepper, Piper longum dan Piper retrofractum. Tak terhingga pula pihak-pihak meyakininya sanggup menambah “tenaga seks” bagi pria maupun wanita.

Unsur utama di dalamnya adalah bahan aktif piperine yang diperkirakan mencapai 3 – 5% dari total berat keringnya. Manfaat bahan aktif ini cukup banyak, termasuk anti nyeri, mencegah peradangan, hingga pereda gejala asma.

Menariknya, piperine diduga kuat mampu meningkatkan produksi hormon serotonin di otak, dan sejumlah studi telah mewartakan kebenarannya. Karena hipotesa inilah cabe Jawa kian intensif diteliti sebagai calon agen antidepresan.[1]

Kaitan antara serotonin dan tahan lama sex telah tuntas dijelaskan pada beberapa artikel mengenai ejakulasi dini.

Sejalan dengan teori penyebab ejakulasi dini, kemampuan mempengaruhi serotonin pada cabe Jawa diprediksi menghadirkan semacam efek penunda ejakulasi demi menambah durasi hubungan intim.

Khasiat tersebut sudah cukup jadi bukti bahwa cabe Jawa layak dijadikan obat tahan lama seks alami sebenarnya, bukan sekadar penambah tenaga biasa.

kapulagaTanaman ekstotis kapulaga lazimnya dipakai mengobati gangguan pencernaan, menangani demam, sakit kepala, menurunkan tekanan darah, mengobati penyakit kardiovaskular [2], serta berbilang aplikasi medis tradisional lainnya .

Seluruh peracik obat tradisional percaya ia juga mampu meningkatkan gairah seksual. Jenis yang masif digunakan saat meracik obat kuat alami bukanlah kapulaga jawa (Amomum compactum), melainkan kapulaga India (Elettaria cardamomum).

Khusus untuk manfaat perangsang, saintis belum dapat membuktikan apa dan bagaimana korelasinya. Sebagian pihak menduga hal ini terkait dengan aroma khasnya yang menenangkan, mempengaruhi pikiran kian relaks dan santai.

Mungkin dugaan ini belum cukup, namun tak dapat ditampik di luar sana bertebaran bukti empiris dari mereka yang pernah terbuai aromaterapi unik herba kapulaga, lalu mendapati libidonya lebih mudah merangkak naik ketika mendapat stimulan.

Meski dikuatkan data empiris sehingga tak layak disebut mitos, terus terang fakta ilmiah masih belum memihak kapulaga.

Kekurangan data ilmiah itu menurut kami dikarenakan harga kapulaga tergolong mahal. Kenyataan ini membuat hampir semua penelitian latah terfokus pada manfaat bernilai bisnis tinggi, obat anti kanker misalnya, [3] ketimbang memasarkannya sebagai obat perangsang dengan margin tak seberapa.

lada-hitamRempah pedas dikatakan cocok menjadi penambah stamina, tak terkecuali lada hitam. Daya ini membuat sejumlah orang percaya tanaman ini pantas dilabeli suplemen seksualitas herba. Selain itu, ia juga dianggap handal sebagai bahan perangsang.

Kemampuan lada hitam (piper ningrum/black pepper) untuk merangsang gairah pernah dijajal oleh tim peneliti dari Universitas Lampung pada hewan percobaan. Mereka melansir hasil penelitiannya dalam Research Journal of Medicinal Plant (2014).[4]

Lada hitam memiliki potensi menambah hasrat atau dorongan seksual. Peneliti menduga reaksi ini akibat tingginya kandungan asam lemak serta zinc dalam ekstrak.

Bagi manusia, tinggi rendahnya gairah seks sangat bergantung pada level hormon testosteron. Sejalan dengan paparan pada artikel makanan penambah gairah, kuliner berkadar lemak tinggi maupun berkandungan zinc memang sanggup meningkatkan produksi testosteron.

Manfaat dan efektivitas black pepper tak terpaut jauh dari cabe Jawa dan bisa saling disubtitusikan, ini karena keduanya berlimpah bahan aktif piperine.
jaheFitokimia (unsur kimia alami) yang tersari dari jahe dipengaruhi lokasi tumbuh tanaman dan bagaimana tingkat kesegarannya. Gingerol merupakan kandungan terbesar dalam jahe segar, ketika jahe mengering, kadar gingerol terdehidrasi menjadi shogaols.

Jahe segar berlimpah gingerol memiliki sebaran fungsi farmakologis maupun fisiologis nan luas, mulai dari antiinflamasi, analgesik, anti bakteri, antioksidan, anti kanker, serta masih banyak lagi.[5]

Mengacu pada manuskrip pengobatan China, Arab dan India, ia turut didapuk sebagai bahan afrodisiak (perangsang) nan trengginas. Nyatanya, penelitian modern justru menemukan kaitan yang lebih dalam antara jahe dan seksualitas.

Hasil pengujian yang terlansir dalam Iranian Journal of Reproductive Medicine (2009) mengungkap herba ini berefek positif bagi fertilitas dengan menambah persentase sperma, memperbaiki viabilitas dan motilitasnya, serta meningkatkan total jumlah testosteron.[6]

Daya jahe dalam obat kuat tradisional tak semata perangsang gairah, ia terbukti turut mempengaruhi fertilitas.

Sedikit fakta ilmiah ini menegaskan ramuan minuman murah populer berupa campuran jahe, telur dan madu, layak pula menyemat gelar obat penyubur pria.

pasak-bumiDi Malaysia, pasak bumi disebut tongkat ali. Berlimpahnya bukti-bukti ilmiah membuat negeri jiran bergegas mengklaim paten si longjack pada tahun 2001.[7] Mungkin demi mempermudah upaya eksplorasi sisi ekonominya sekaligus melindungi produsen lokal.

Pengujian pada penderita hipoganadisme berusia lanjut menampakkan perbaikan level hormon testosteron. Memang hasilnya tak sebaik terapi testosteron, tetapi pasak bumi jauh lebih aman karena tidak beresiko menghadirkan osteoporosis.[8]

Fakta ilmiah itu menunjukkan pasak bumi memiliki properti afrodisiak yang memberikan dorongan atau motivasi seksual nan tinggi. Perbaikan level hormon testosteron kan berujung pada aktivitas seks serta ejakulasi berintensitas tinggi.

Studi Fakultas Kedokteraan Universitas Lambung Mangkurat yang dipublikasikan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menunjukkan pengaruhnya atas kesuburan pria dengan meningkatkan hormon FSH (Follicle-Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing hormone).[9]

Pasak bumi adalah obat kuat tradisional super lengkap, dari pemicu gairah, penjaga daya tahan seks hingga memperbaiki kesuburan pria.

Update! Pembahasan mendalam tentang herba ini dapat dibaca pada tulisan Manfaat Tongkat Ali (Pasak Bumi) Menurut Saintis

Bahan Obat Kuat Tradisional Terbaik (Kesimpulan)

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahan alami terbaik dari kelima item yang diuji adalah pasak bumi (tongkat ali). Manfaatnya bagi seksualitas nyaris paripurna. Mulai merangsang gairah, pengalaman seks nan mantap dan tahan lama, hingga menunjang fertilitas.

Disusul oleh cabe jawa dan lada hitam yang handal membangkitkan dorongan seks serta menunda ejakulasi. Keduanya hanya kalah dalam hal perbaikan kualitas sperma bila dibandingkan dengan pasak bumi.

Jahe sang obat universal menempati posisi ketiga, ia memiliki khasiat perangsang dan memperbaiki kesuburan. Sedangkan kapulaga harus puas sebagai juru kunci dikarenakan —sejauh pengetahuan modern— hanya memicu gairah tanpa tambahan fungsi lainnya.

2 komentar untuk “Obat Kuat Alami: Uji Bahan Obat Kuat Tradisional Indonesia

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Kuliner “obat kuat Indonesia”.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita dalam pengetahuan indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan.

*