TOP

Tahan Lama Sex: Berapa Lamakah itu?

Berapa lamakah tahan lama sex itu? Selama apa durasi bercinta yang diinginkan wanita atau pria? Bagaimana pendapat saintis tentang lama persetubuhan?

Tahan Lama Sex: Berapa Lamakah Itu?

Menyoal tahan lama sex tentu mempertanyakan waktu atau durasi. Kapan mulanya, bilamana pula ia berakhir. Penentuan timing akhir persetubuhan sangat mudah. Setiap pasangan pun sepakat, satu ronde bercinta dinyatakan berakhir ketika pria meraih orgasmenya.

Masalahnya, di manakah titik awalnya? Sebuah garis start imajiner, penanda mulai dihitungnya durasi bercinta.

Bukan pertanyaan rumit sebenarnya, namun subjektivitas individu membuat jawabannya cenderung berlainan antar pasangan. Perbedaan yang perlu ditelisik titik temunya, demi menentukan berapa lama tahan lama sex itu sebenarnya.

Patokan Awal Durasi Seks Ideal

Eric W. Corty PhD dan Jenay M. Guardiani BS merilis hasil riset mereka dalam The Journal of Sexual Medicine (2008). Salah satu teka-teki yang ingin dijawab adalah berapa lamakah sebenarnya durasi persetubuhan ideal yang dihasrati sepasang insan.[1]

Strategi risetnya bersahaja, alih-alih menanyai responden satu-persatu, mereka justru memanen data dari berbilang Sex Therapist (terapis seks) seputaran Kanada dan Amerika Serikat untuk diukur.

Pengukurannya menggunakan IELT (Intravaginal Ejaculatory Latency), salah satu metode pendeteksi ejakulasi dini yang menghitung durasi persetubuhan semenjak pertama kali penetrasi hingga pria berejakulasi.

Hasil pengukuran dipetakan menurut tingkat kepuasan berbanding durasi persetubuhan. Namun kami ingatkan, ini adalah pendapat sex therapist, bukan sang pelaku seks sendiri.

Terlalu Cepat Cukup Memadai Sesuai Keinginan Terlalu Lama
1 – 2 menit 3 – 7 menit 7 – 13 menit 10 – 30 menit

Durasi waktu 7 – 13 menit adalah benchmark, semacam patokan awal, berapa lamakah sang lelaki musti bertahan agar dianggap sanggup tahan lama sex.

Durasi persetubuhan “terlalu cepat” mungkin menandakan adanya gangguan ejakulasi dini, sedangkan ejakulasi yang lebih lama dari “terlalu lama” bisa jadi pertanda delayed ejaculation (ejakulasi tertunda).

Persepsi Tahan Lama Sex di Mata Pria & Wanita

Mayoritas pria dewasa awal mendewakan kekuatan seksual sebagai interpretasi maskulinitasnya. Dalam imajinasinya, bercinta itu harus kuat, bertenaga, dan tahan lama. Urutan kosakata ini dianggapnya jaminan kepuasan bagi pasangan, apapun etnisnya!

Lelaki boleh saja berkoar dirinya sanggup menggenjot bermenit-menit non-stop, lengkap dengan beragam jurus lagi gaya. Namun bagi wanita, orgasme karena penetrasi (intercourse) hanyalah satu bagian dari aktivitas seksual.

Sebenarnya aktivitas seks terbagi dalam 3 tahap, (1) pemanasan (foreplay), (2) persetubuhan (intercourse), dan (3) setelah persetubuhan (afterplay).

Studi terhadap 5.665 wanita Jepang yang termuat dalam Journal of Sex & Marital Therapy (2014) menemukan fakta bahwa sebagian besar responden cenderung menginginkan durasi foreplay dan afterplay yang lebih lama ketimbang sekarang.[2]

Berapa lamakah durasi ideal untuk foreplay? Memang belum ada jawaban pasti, namun rata-rata wanita menjawab antara 10 – 15 menit, atau hingga mencapai orgasme.[3] Sedangkan untuk afterplay sendiri belum ada data yang bisa dijadikan sandaran.

Total Durasi Seks Ideal

Apabila dijumlahkan lama waktu foreplay yang diinginkan wanita (10 – 15 menit) dengan durasi persetubuhan yang diinginkan (7 – 13 menit), maka total waktu suatu aktivitas seksual berkisar 17 – 28 menit.

Ini berarti rerata durasi seks ideal adalah 22.5 menit (belum termasuk afterplay), atau setidaknya hingga wanita mencapai dua kali orgasme!

Hanya pria yang sanggup melayani dan memuaskan pasangan wanita dalam seluruh tahaplah yang pantas digelari lelaki tahan lama sex.

Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan.

*