TOP

Uji Bahan Obat Kuat Herba Impor: Aman atau Tidak?

Menguji aman atau tidaknya bahan baku obat kuat herba impor menurut data ilmiah terbaru. Apa khasiatnya? Bagaimana resiko & efek samping pemakaiannya?

Uji Bahan Obat Kuat Herba Impor: Aman atau Tidak?

Serbuan obat kuat herba impor seakan tak bisa dibendung oleh siapapun. Produk-produk seperti Virility EX, Vimax Canada, Pro Solution Pills, Endowmax, ataupun lainnya, menyesaki pasar dan merebut hati konsumen Indonesia.

Dari hulu (produsen) ke hilir (pengecer), obat kuat herba impor berbentuk suplemen vitalitas itu digembar-gemborkan sangat aman dan bebas efek samping. Demikian santernya klaim itu diteriakkan, tampaknya berhasil merasuki opini publik.

Apakah statemen obat kuat herba impor aman dan bebas efek samping itu benar adanya? Mari kita buktikan bersama.

Kandungan Bahan dalam Obat Kuat Herba Impor

Pemeriksaan silang terperinci oleh sebuah investigasi ilmiah, yang dilansir BioMed Research International (2014), mendapati ada 4 bahan baku herba familiar dalam hampir semua suplemen vitalitas pria yang dijual melalui internet.[1]

Keempat bahan obat kuat herba yang lazim itu adalah,

  1. Yohimbine,
  2. Maca,
  3. Horny Goat Weed, dan
  4. Ginkgo biloba.

Pada dasarnya semua herba ini tak berbahaya pabila bijak digunakan ketika dibutuhkan (on-demand). Apalagi pengobatan tradisional dari berbagai budaya dunia telah mendemonstrasikan kegunaannya secara turun-temurun.

Namun ternyata, investigator menemukan sejumlah laporan efek samping psikologis dari pengguna obat kuat herba tersebut.

Dari perspektif saintis farmasi, fakta ini cukup mengkhawatirkan. Tulisan ini pun berupaya mendorong pemangku kebijakan untuk segera mengantisipasinya melalui pengawasan peredaran dan pengetatan regulasi, demi mencegah jatuhnya korban yang tak perlu.

Berdasarkan hasil temuan penyelidik inilah, kita akan menjelajahi khasiat tiap bahan baku obat kuat herba, memaparkan resiko pemakaiannya, memastikan aman tidaknya ia digunakan, serta menunjukkan merek produk yang memilikinya.

Anda dapat membaca penjelasan setiap bahan di halaman selanjutnya, atau langsung menuju kesimpulan untuk melihat bahan herba mana yang paling aman

Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan.

*